www.bankherbal.com
www.bankherbal.com - Konsumsi Herbal = Tabungan Kesehatan Anda di Masa Depan

7 Pemicu Batuk


11 Mei 2014

Adapun di antara pemicu batuk antara lain :

1.       Virus, Kuman (Bakteri)

Tak asing lagi bahwa selama ini virus dan kuman (bakteri) merupakan makhluk  yang senantiasa mengincar kesehatan manusia, dan bibit penyakit atau parasit perusak ini berusaha menyusup setiap saat melalui jalur pernafasan, makan-minum dan permukaan kulit.  Ketika virus dan kuman masuk melalui mulut atau hidung akan direspon oleh tubuh dan reaksi dihalaunya bibit penyakit tersebut keluar dalam ledakan batuk.

2.       Polusi dan Asap Rokok

Polusi atau pencemaran udara, air semakin mendekati masyarakat apalagi mereka yang mukim di perkotaan.  Namun di daerah atau desa pun polusi juga menghampiri warganya dengan banyaknya pendirian pabrik atau peternakan yang menyebarkan bau tak sedap.  Polusi di darat pada umumnya berasal dari asap kendaraan, industri, limbah pabrik, kebakaran, kompor dapur, uap percampuran bahan kimia dan lain-lain.  Sedangkan di laut atau sungai polusi berasal dari limbah bocoran minyak atau bahan bakar kapal dan kerusakan habitat laut dan sungai.  Sementara udara dicemari dari asap dan uap sisa pembakaran atau industri serta semakin minimnya paru-paru bumi (hutan).

Polusi pada umumnya menyebarkan karbondioksida (CO2) dan bahan beracun yang membahayakan kesehatan.  Ketika kita menghirup ragam gas tersebut tentunya tubuh akan bereaksi mengeluarkannya melalui goncangan batuk.  Begitu pula asap rokok yang dihisap jutaan orang setiap hari dengan cepat mencemari tenggorokan dan paru-paru serta merusak sistem pertahanan tubuh terutama organ pernafasan.  Karena asap rokok mengandung karbon yang efektif melemahkan oksigen yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

3.       Stress atau Sihir

Risau dan kesal (dongkol) yang berkepanjangan berpotensi melemahkan imunitas dan meningkatkan produksi asam lambung yang pada gilirannya akan menimbulkan batuk.  Batuk berkepanjangan yang diikuti dengan perubahan sikap (emosional), gangguan tidur dan makan juga dapat dipengaruhi faktor sihir (serangan jin/setan).  Solusi utama untuk meredakannya adalah dengan ruqyah.

4.       Organ bermasalah atau adanya penyakit

Adanya organ-organ tubuh yang bermasalah atau sedang dirundung penyakit terutama yang berhubungan langsung dengan jalur pernafasan seperti tenggorokan, paru-paru atau jantung juga menimbulkan reaksi batuk.  Mengingat organ yang bermasalah tentunya semakin rawan dihinggapi virus atau kuman yang harus segera dilempar keluar melalui batuk.

5.       Daya Tahan Tubuh Lemah

Selain masalah virus dan kuman, tubuh yang lemah, kurang gizi, sakit-sakitan walaupun tubuhnya tampak gemuk atau tambun sangat mudah didera batuk.  Masalahnya, bila daya tahan tubuh seseorang lemah tentu saja virus, kuman dan bahan-bahan racun dari polusi, debu dan lainnya tentunya sangat mudah masuk ke tubuh tanpa banyak perlawanan dan berusaha bersarang di organ-organ.  Menghadapi hal ini, mau tidak mau si batuk sebagai senjata pertahanan tubuh bereaksi lebih aktif.

Selain itu dengan kondisi tubuh yang lemah juga menggangu produktifitas lender sebagai senjata ‘pembunuh’ semua anasir yang akan mencederai tubuh kita.   Dalam kondisi sehat Insya Allah produksi lendir sekitar 1 sampai 2 liter per hari berlangsung normal.  Tapi bagi mereka yang lemah, organ-organ tubuh sebagai mesin produksi lendir juga lemah, tentunya kapasitas dan cadangan lendir bisa jadi minim.  Akibat minimnya lendir, tubuh kekurangan senjata yang bekerja giat melumpuhkan virus, kuman, karbon dan materi berbahaya lainnya yang mencoba menerobos pertahanan tubuh.  Dengan minimnya lendir, si batuk akan bekerja lebih ekstra lagi mengusir kawanan perusak tubuh.

Barangkali bagi mereka yang memiliki daya tahan yang baik, tentu tidak terlalu sulit mengeluarkan materi penggangu, mungkin dengan sekali dua kali ledakan batuk semua kawanan perusak lumpuh dan terlempar jauh, apalagi sebelumnya telah dilumpuhkan oleh pasukan lendir yang memadai dan selalu siaga.

6.       Salah Urat

Nah, problem yang satu ini kerap luput dari perhatian, bahwa salah urat terutama di bagian punggung, leher dan pinggang juga bisa memicu batuk.  Sebab posisi tulang, urat saraf yang bergeser dari posisinya tentu mempengaruhi kinerja organ atau metabolisme tubuh.  Bahkan salah urat bisa membuat seseorang meradang, pernafasannya terganggu atau kesulitan bergerak.

7.       Bau Tak Sedap

Hampir semua orang menutup hidungnya dan mulutnya ketika berada di tempat yang mengeluarkan bau busuk atau bau tak sedap.  Karena memang bau busuk juga efektif merusak saluran dan organ pernafasan, karena pada umumnya sesuatu yang busuk mengandung banyak materi yang dapat merusak kesehatan.  Pada gilirannya mereka yang banyak menghirup bau tak sedap sangat beresiko terganggu kesehatannya dan reaksi perlawanan terhadap kuman, bakteri dari busuk biasanya tampil dalam batuk.

 

 Sumber : Tabloid Bekam, Edisi 10/Th.II/2011

Herbal yg direkomendasikan : Madu Muwallad 



Baca juga
  » 27 November 2014
Madu Pahit Sembuhkan Berbagai Penyakit
PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Madu lebah "pelawan" atau madu pahit murni yang banyak ditemukan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung (Babel), ternyata diminati para wisatawan, karena memiliki khasiat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh manusia.

  » 25 Oktober 2014
6 Manfaat Spirulina Bagi Wanita Hamil
Manfaat spirulina untuk ibu hamil tentu baik untuk kesehatan pertumbuhan janin. Khasiat ganggang hijau ini memang tak perlu diragukan lagi mengingat vitamin yang lengkap dibandingkan sumber nutrisi alami lainnya.

  » 19 Juli 2014
Teh dan Madu Bakal Gantikan Antibiotik?
KOMPAS.com – Fenomena resistensi kuman terhadap antibiotik yang kian mengkhawatirkan kembali disuarakan para pakar kesehatan. Resep pengobatan tradisional seperti teh dan madu dipersiapkan sebagai salah satu solusi alternatif dalam mengatasi kuman yang semakin kebal terhadap obat-obatan.

  » 8 Maret 2014
Manfaat Madu Asli untuk kesehatan
Madu telah digunakan oleh manusia sejak 2.500 tahun terakhir, di seluruh dunia. Sementara banyak manfaat kesehatan dari madu telah membuatnya menjadi salah satu aspek penting dari obat tradisional seperti Ayurveda, ilmuwan juga meneliti manfaat madu dalam kedokteran modern, terutama dalam penyembuhan luka.

  » 12 Februari 2014
Tips Menghadapi Musim Hujan
Musim hujan baru tiba.. Di negara kita, musim yang satu ini tergolong sulit karena sering diasosiasikan dengan banjir, flu, macet, juga jam karet. Meski begitu, kehidupan harus tetap berjalan. Jangan sampai hujan membuat kegiatan Anda terhambat.